Tips Foto Makanan : 5 Cara Foto Produk Makanan Agar Menarik 5/5 (6)

Tips foto makanan kali ini, saya akan mengungkapkan tentang 5 tips foto makanan agar tampilan makanan maupun minuman terlihat lebih hidup dan menarik. Tips food photography kali ini tidak hanya berguna bagi teman-teman yang ingin menjadi seorang food blogger saja, namun juga bagi teman-teman yang tengah merintis usaha kuliner. Terlebih selama masa-masa virus Corona dan social distancing, kita wajib lebih kreatif untuk memasarkan produk yang kita jual dengan sumber daya yang kita miliki. Dengan paham 5 tips foto makanan ini, sebenarnya kita tidak perlu untuk menyewa seorang fotografer jasa foto makanan.

Dalam tips foto makanan kali ini kita akan belajar bersama-sama tentang cara mengambil angle foto makanan yang bagus hingga bagaimana memaksimalkan cahaya. Tips ini tidak hanya berguna bagi pengguna kamera mirrorless ataupun dslr. Namun juga dapat digunakan untuk tips foto makanan dengan hp. Berikut 5 tips yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pemotretan food photography tersebut.

Gunakan Sumber Cahaya yang Baik

Untuk memulai bagaimana cara foto makanan yang bagus, kita harus menyadari bahwa cahaya merupakan sebuah elemen penting dalam memotret foto kuliner. Sebaik-baiknya makanan atau pun kamera (smartphone) yang digunakan, namun obyek foto makanan kita tidak memiliki cukup sumber cahaya. Maka hasil foto yang dihasilkan akan cenderung gelap. Cahaya yang baik mampu memperlihatkan bagaimana tekstur dan warna makanan itu sendiri tanpa harus kita mengeditnya dengan Snapseed atau Adobe Photoshop.

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita dapat tahu kualitas cahaya tersebut akan baik untuk foto produk makanan kita?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya mencoba menjelaskan dengan layout foto yang sering saya lakukan di studio. Kita dapat melihat bagaimana sebuah makanan difoto menggunakan cahaya dari jendela (available light) serta menggunakan cahaya buatan dari lampu LED (artificial light).

Kelebihan available light sendiri adalah cakupan sinarnya yang luas dan lembut terlebih ketika melewati kaca atau jendela. Saya sering kali melakukan pemotretan makanan dengan available light ketika pukul 08.00 – 12.00. Idealnya pemotretan dengan available light tidak dilakukan sepanjang hari, karena cahaya matahari cenderung berubah-ubah yakni berwarna kuning keemasan dipagi hari hingga berwarna biru disiang hari. Sehingga hal ini terkadang menjadi sebuah kendala ketika kita melakukan pemotretan makanan.

READ  Jasa Foto Produk di Solo – Dari Foto Makanan hingga Fashion

Untuk mengurangi resiko perubahan warna pada makanan karena temperatur cahaya available light yang berubah-ubah, maka saya biasanya menggunakan lampu flash atau lampu LED seperti dalam gambar. Kelebihan dari penggunaan cahaya buatan ini adalah kita lebih mudah mengatur bagaimana sumber cahaya tersebut menerangi makanan kita, seberapa luas, dan seberapa kuat. Kekurangan dari menggunakan cahaya buatan ini adalah jatuhan bayangan yang keras akan membuat foto terlihat kurang baik jika kita belum mahir untuk menempatkan lighting. Terlebih jika tekstur makanan tersebut tidak rata. Kebanyakan fotografer jasa foto produk professional memiliki investasi pada alat-alat lighting ini.

Mengambil Angle Foto Makanan yang Tepat

Menentukan sudut pengambilan gambar menjadi hal vital selanjutnya dalam pemotretan food photography. Makanan dapat diambil dari beberapa sudut untuk menemukan sisi ke-Instagrambalean-nya. Hingga kadang-kadang foto makanan catering rumahan jika diambil dengan angle yang sempurna akan terlihat seperti foto makanan restoran. Dalam dunia fotografi dikenal beberapa istilah, namun saya biasanya menggunakan 4 angle ini dalam memotret makanan.

High Angle View

Sudut pengambilan gambar ini menempatkan obyek foto makanan tepat di bawah kamera atau kita bisa menyebutnya mengambil foto langsung dari atas makanan. Saya sering melakukan sudut pengambilan foto ini ketika saya ingin memperlihatkan ambience hingga property makanan yang digunakan. Hal ini dapat memperlihatkan bagaimana sebuah makanan dibuat dari bahan-bahan tertentu jika disekelilingnya terdapat property bahan-bahan pembuatan

Eye Level

Pengambilan gambar eye level ini digunakan untuk memotret makanan agar lebih detail. Posisi obyek makanan ditempatkan sejajar dengan mata kita agar memperlihatkan bentuk dan tekstur makanan itu sendiri.

Low Angle

Pengambilan foto sudut ekstrim ini menurut saya sangat jarang dilakukan oleh diri saya sendiri. Namun dalam keadaan tertentu terlebih ketika saya ingin melakukan eksperimen, seperti menabur gula dalam foto di atas ini maka saya lebih nyaman menggunakan sudut pemotretan low angle.

READ  Tips Fotografi : Memahami Penggunaan Dial Menu Kamera

Bird’s Eye View

Untuk pengambilan foto ini, kita menempatkan obyek dan kamera tegak lurus. Kita bisa melihat hasil foto dengan sudut pengambilan ini untuk pemotretan flat lay. Perbedaan bird’s eye view dengan high angle view adalah sudut kemiringan pengambilan gambar. Untuk bird’s eye view sendiri biasanya menggunakan sudut 90 derajat. Disisi lain, high angle view menggunakan sudut pengambilan kurang dari 90 derajat, misalnya 45 derajat agar memperlihatkan perspektif makanan tersebut.

Kuasai Alat yang Dimiliki

Biasanya saya sering menemukan beberapa pertanyaan, kamera dslr atau mirrorless apa yang bagus untuk memotret makanan? Hingga lensa terbaik yang digunakan dan lain sebagainya.

Sebenarnya hal ini kembali kepada keperluan kita sebagai food photographer. Dimanakah kita akan mempergunakan foto makanan tersebut? Hanya di Instagram-kah? Atau mencetaknya menjadi selebaran brosur hingga billboard? Untuk teman-teman yang hanya menggunakan foto makanannya di Instagram, sebaiknya kita langsung menggunakan format square atau portrait. Tips foto makanan di Instagram ini akan mempermudah konsumen menikmati hasil karya foto yang kita hasilkan.

Sejujurnya, sebagai fotografer saya akan menyarankan membeli kamera untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun terkadang membeli kamera dengan harga yang sangat fantastis tidak serta merta membuat pemotretnya mahir, terlebih jika menggunakannya pada media sosial saja.

Percantik Makanan

Sebenarnya untuk urusan mempercantik makanan ini merupakan tanggung jawab seorang food stylist. Namun, sebagai fotografer kita juga perlu belajar bagaimana agar tampilan foto makanan di meja tersebut lebih maksimal. Property apa saja yang perlu digunakan untuk mendukung makanan tersebut lebih hidup. Apakah kita perlu membeli hiasan buah, sayuran, hingga cream agar membuat tampilan foto makanan kita lebih cantik?

READ  Jasa Foto Produk Makanan Kota Solo

Pengalaman saya, sebagai salah satu dari tips foto makanan kali ini adalah melakukan observasi bagaimana tampilan foto makanan yang hendak kita foto tersebut. Saya biasanya menggunakan Pinterest untuk menggali ide-ide visual tersebut.

Edit Foto Sewajarnya

Terkadang kita berambisi untuk membuat foto makanan tampil lebih sempurna dengan mengejarnya pada aplikasi pengeditan. Dalam smartphone kita mengenal aplikasi VSCO hingga Snapseed. Jika kita menggunakan komputer, maka kita akan mengenal program Adobe Photoshop. Untuk level professional, terkadang jasa food photography memiliki seorang editor untuk menyempurnakan foto makanan itu sendiri.

Lalu program manakah yang harus saya pergunakan sehabis memotret makanan tersebut? Saya kembali menjawab dengan gunakan software yang benar-benar anda kuasai. Saya perlu menggaris bawahi beberapa point penting yang wajib diperhatikan selama pengeditan foto, yaitu :

Jangan terlalu menaikkan saturasi foto makanan

Untuk memperlihatkan es buah agar tampil segar terkadang kita perlu menaikkan saturasi warna. Namun, janganlah hingga berlebihan untuk menaikkan saturaasi warna tersebut, karena akan merusak tekstur dan warna-warna pendukung makanan lainnya.

Pergunakan brightness dan contrast secara bijak

Terkadang foto yang dihasilkan sedikit terlalu terang atau gelap. Maka kita dapat mempergunakan brightness untuk mengurangi atau menambah kecerahan sebuah foto. Jika foto makanan yang dihasilkan tidak memperlihatkan keragaman warna yang kuat, maka kita bisa menaikkan contrast dengan program aplikasi pengeditan gambar atau foto yang kita miliki.

5 tips foto makanan di atas adalah proses yang biasanya saya lakukan untuk melakukan pemotretan food photography sehingga tampilan foto makanan yang difoto tampil lebih maksimal. Untuk artikel selanjutnya, saya memerlukan masukan dari teman-teman sekalian masih seputar food photography. Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar jika teman-teman memiliki ide artikel yang harus saya bahas selanjutnya hingga tips dan trik yang biasanya teman-teman lakukan untuk mempercantik foto makanan.

Kontak Kami

Please rate this

2 Comments Tips Foto Makanan : 5 Cara Foto Produk Makanan Agar Menarik

  1. Aji Budi Saputro June 4, 2020 at 12:16 pm

    Keren tips tips nya… Pengen belajar lebih dari Mas dan tips nya membantu sekali memang… Mungkin boleh diperbanyak lagi berbagi ilmu nya Mas…

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *