Hijab Fashion : Tips Keren Foto Outdoor dengan Tema Summer 5/5 (3)

Hijab fashion photography memang telah menjadi tren dikalangan anak muda semenjak beberapa tahun silam. Dengan dukungan era social media yang begitu cepat, membuat perputaran tren fashion hijab begitu cepat berganti dari tahun ke tahun. Dari foto selfie hingga foto fashion dapat dengan mudah kita temukan di internet terlebih lagi dengan telepon genggam kita. Banyak public figure Indonesia yang menginspirasi kalangan anak muda dalam hal kreatifitas menggunakan hijab fashion, misalnya adalah Rani Hatta ataupun Dian Pelangi. Inspirasi fashion hijab mereka pun tidak hanya menginspirasi muslimah dari Indonesia saja, namun telah mencapai mancanegara.

Kali ini, saya menampilkan keanggunan hijab fashion dengan gaya yang simple dan elegan. Dengan mengambil tema hijab fashion summer. Saya memotret dengan salah satu model hijab fashion menggunakan tema pakaian yang serba putih. Saya memutuskan untuk memotret hijab fashion kali ini menjelang matahari terbenam untuk lebih menegaskan tema summer.

Dengan mengambil setting di lapangan yang luas dengan bantuan sinar matahari sore, membuat photoshoot saya kali itu berjalan sempurna. Dukungan aksesoris bunga yang dikenakan oleh model membuat foto yang saya ambil lebih hidup. Tidak lupa juga saya memberikan sedikit sentuhan feminine kepada model dengan membawa bucket bunga ditangannya.

Saya akan memberikan sedikit tips buat teman-teman yang ingin atau akan melakukan foto dengan tema hijab fashion di bawah ini.

1. Kenali dengan Baik Tempat Pemotretan

hijab fashion photography

Untuk memotret foto hijab fashion, bisa dilakukan di dalam atau di luar ruangan. Untuk yang memotret di dalam ruangan, teman-teman tentu saja tidak perlu takut akan perubahan cuaca yang begitu cepat. Dikarenakan kita hidup di daerah tropis, cuaca pun terkadang sangat cepat berubah. Terlebih jika memotret di luar ruangan yang mengandalkan sinar matahari. Yang perlu diperhatikan adalah penghalang sinar matahari yang menjadi cahaya utama pemotretan foto fashion kita. Penghalang tersebut biasanya dapat datang dari gedung yang tinggi disekitar lokasi pemotretan ataupun awan yang tebal yang bisa saja menghalangi cahaya matahari. Hal tersebut tentu saja menjadi suatu pelajaran yang sangat penting jika kita mengambil tema foto hijab fashion dengan tema summer

2. Pilih Outfit Hijab Fashion yang Simpel 

hijab fashion photoshoot

Untuk pemotretan hijab fashion, tentu saja pemilihan bahan dan model baju menjadi salah satu hal yang penting. Hal tersebut dikarenakan untuk memperkuat tema foto hijab fashion yang sedang diambil. Saran saya sebagai fotografer, gunakan setelan senada dan memiliki potongan baju yang mudah digunakan untuk bergerak, karena aktifitas pemotretan outdoor tentu saja akan membutuhkan gerak dan aktivitas yang cepat untuk berbagai pose. Sehingga, semakin simple gaya dan potongan baju hijab fashionmu, akan mempermudah gerak kalian di depan kamera sang fotografer.

3. Kooperatif Kunci Sukses dalam Melakukan Pemotretan

hijab fashion photography outdoor

Bagi teman-teman fotografer tentu saja memotret fashion, terutama hijab fashion, membutuhkan penanganan khusus. Pemakaian kerudung, terkadang membuat model sedikit kegerahan, terlebih jika dilakukan saat menjelang matahari terbenam. Untuk fotografer, saatnya teman-teman tahu dan paham tentang kondisi model anda di lapangan. Pose apa saja yang baik buat model dan tahu kapan model anda mulai terlihat kelelahan. 

4. Tentukan Tema, Property, Make Up dan Kostum yang Pas 

hijab fashion photoshoot outdoor

Sebelum melakukan pemotretan, ada baiknya antara fotografer ataupun model melakukan diskusi kecil untuk menentukan tema yang pas digunakan untuk pemotretan hijab fashion outdoor. Hal-hal yang perlu dipersiapkan biasanya adalah kesesuaian tema dengan tempat dan kostum serta riasan. Ketiga elemen tersebut bagi saya menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan untuk membuat sebuah foto fashion yang baik dan bertema. Jika merasa kesulitan menentukan tema, tidak ada salahnya untuk membuka foto-foto fashion hijab lewat Pinterest ataupun Google. Semakin banyak referensi sebelum melakukan pemotretan, akan semakin matang dalam mengeksekusi tema.

5. Pose Pemotretan yang Tepat

hijab fashion

Setiap pemotretan foto outdoor, tentu saja membuat model dan fotografer leluasa menentukan pose dan konsep pemotretan yang beranekagaram. Namun, untuk meningkatkan mood pemotretan tentu saja perlu mengetahui pose mana saja yang baik dan nyaman yang dilakukan oleh model. Fotografer harus mampu dan tanggap, pose mana saja yang membuat model fashion hijab terlihat baik ataupun sebaliknya ketika model terlihat sedikit tidak nyaman dengan pose yang dilakukan. Hal tersebut perlu dihindari agar suasana pemotretan dapat berjalan baik sehingga mampu memperlihatkan mood pemotretan yang diinginkan selama sesi pemotretan.

6. Gunakan Lensa Prime atau Fix untuk Memotret Fashion Hijab

inspirasi pemotretan hijab fashion

Lensa portrait dalam hal ini adalah lensa-lensa cepat dan tajam dengan bukaan lebar seperti F2.8 ataupun F1.4. Apakah lensa kamera lain tidak direkomendasikan untuk pemotretan portrait? Saya jawab adalah tidak. Kebutuhan lensa prime atau fix memang sangat umum digunakan saat pemotretan model atau fashion. Hal tersebut dipilih agar lensa dapat mengisolasi background pemotretan, sehingga subyek foto dapat ditonjolkan daripada obyek lain di sekitar model. Namun, jika teman-teman memiliki lensa lain selain yang saya sebutkan di atas, tentu saja tetap dapat melakukan pemotretan hijab fashion dengan baik dan dengan cara-cara kreatif lainnya.

7. Edit Foto Seperlunya

hijab fashion photoshoot inspiration

Memotret bagi saya seperti memasak sebuah makanan. Seorang koki, tentu saja tahu takaran yang pas agar makanan yang dihidangkan sesuai dengan lidah yang menikmati makanan tersebut. Hal tersebut juga saya terapkan dalam setiap sesi pemotretan. Saya hanya mengedit beberapa bagian yang perlu diedit agar foto tampil secara natural. Hal yang perlu diperhatikan dalam memotret model adalah warna kulit yang dihasilkan oleh kamera harus mampu mendekati warna asli kulit model yang sebenarnya. Mungkin terkadang kita melihat foto yang salah pengaturan, sehingga mengakibatkan kulit model nampak pucat atau terlampau kuning? Untuk itu saya merekomendasikan untuk mengatur white balance yang tepat agar sesi foto yang dihasilkan maksimal walaupun tanpa editing sekalipun.

Ketujuh tips diatas mungkin hanya sedikit saran yang dapat dilakukan untuk membuat foto hijab fashion outdoor yang keren dan indah. Jika teman-teman masih kesulitan mencari tempat foto outdoor yang bagus untuk pemotretan hijab fashion, tidak ada salahnya mengintip beberapa destinasi foto yang cocok digunakan dengan tema hijab di kota Solo diblog ini.

Mungkin teman-teman memiliki tips lain yang dapat berguna bagi pembaca? Jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar agar rekan-rekan lainnya juga mampu mempersiapkan foto hijab fashion dengan tema summernya lebih baik. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke rekan-rekan lainnya yah!

Terimakasih

Model

Please rate this

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *